Kamis, 14 Juli 2011

VOLKSWAGEN

PROFIL VOLKSWAGEN

Volkswagen (biasa disingkat VW) adalah sebuah pabrikan otomotif berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony, Jerman. Volkswagen didirikan oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront) pada tahun 1937. Volkswagen merupakan merk asli dari Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors,Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania. Tahun 2009, Supervisory Board dari Volkswagen AG mengesahkan pendirian sebuah grup otomtif yang terintegrasi dengan Porsche di bawah naungan Volkswagen. Nama Volkswagen sendiri dalam bahasa Jerman berarti "mobil rakyat". Tagline Volkswagen saat ini adalah Das Auto (dalam bahasa Inggris The Car). Moto sebelumnya adalah Aus Liebe zum Automobil (artinya : Kecintaan kepada Mobil).
• Latar Belakang Munculnya Volkswagen
Sampai pada awal 1930-an pabrikan otomotif Jerman masih banyak terdiri dari pabrikan mobil mewah, dan rata-rata orang Jerman tidak bisa membeli lebih dari sebuah motor. Melihat sebuah pasar potensial, beberapa pabrikan membuat projek independen untuk “mobil rakyat” seperti Mercedes' 170H, Adler AutoBahn, Steyr 55, Hanomag 1.3L, dan lainnya. Tapi, sampai tahun 1933, banyak dari projek tersebut masih dalam pengembangan atau produksi tahap awal. Adolf Hitler menyatakan akan membuat sebuah “mobil rakyat”. Hitler menginginkan sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dan berkecepatan 100 km/jam (62 mil/jam). Insinyur yang terpilih untuk mengembangkan projek mobil ini adalah Ferdinand Porsche. Pada saat itu Porsche sudah menjadi desainer Mercedes 170H dan juga pernah bekerja pada Steyr untuk beberapa saat akhir 1920an. 22 Juni 1934, Dr. Ferdinand Porsche setuju untuk membuatkan mobil rakyat tersebut untuk Hitler sehingga didirikanlah pabrik mobil Volkswagen
• Produksi Awal Volkswagen
Prototipe mobil tersebut muncul tahun 1936 dengan nama “KdF-Wagen”. Mesinnya sudah berpendingin udara, 4 silinder, dan terletak di belakang. Nama perusahaan pun dibuat dengan nama Gesellschaft zur Vorbereitung des Deutschen Volkswagens mbH pada 28 Mei 1937. Tanggal 16 September 1938 namanya diganti menjadi "Volkswagenwerk GmbH". Bangunan pabriknya sendiri dimulai 26 Mei 1938 di sebuah kota bernama KdF-Stadt (sekarang Wolfsburg). Sayangnya pabrik ini hanya memproduksi sedikit mobil karena Perang Dunia II pecah pada 1939. Salah satu produksinya, Type 1 Cabriolet dipersembahkan pada Hitler tanggal 20 April 1938, di ulang tahun Hitler ke 49. Ketika Perang Dunia II mulai, pabrik tersebut digunakan untuk memproduksi kendaraan militer. Tapi, pertengahan perang, kota KdF-Stadt beserta pabriknya di bom hingga rusak berat.
• VW Setelah Berakhirnya Perang Dunia II
Setelah perang dunia II berakhir, pabrik VW dibangun kembali hingga pada tahun 1946 produksinya sudah 1000 unit per bulannya. Tahun itu, pabrik VW ada di bawah kontrol Inggris. Baru tahun 1948, pabrik itu diserahkan pada Jerman,dan menjadi roda penggerak ekonomi utama bagi Jerman Barat. Bahkan, produksi Volkswagen Beetle Type-1 mencapai 1 juta unit tahun 1955.
• Produk Volkswagen
• Caddy Life
• Eos
• Fox
• Golf Mk6
• Golf Plus
• Golf Variant
• Jetta Mk5
• Multivan
• New Beetle
• New Beetle Convertible
• Passat Mk6
• Passat CC
• Phaeton
• Polo Mk5
• Scirocco
• Sharan
• Touran
• Tiguan
• Touareg

A. SHANGHAI VOLKSWAGEN
Shanghai Volkswagen terletak di Anting International Auto,Kota di barat laut kota Shanghai, Shanghai Volkswagen Automotive Co, Ltd (SVW) menempati seluas 3.330.000 m2, dengan luas bangunan 900.000 m2. Saat ini perusahaan ini memiliki produk terdiri dari enam seri dari mobil penumpang Santana, Santana3000, Passat, Polo, dan VW Touran Golf. SVW merupakan salah satu pabrik mobil terbesar di China dengan kapasitas produksi tahunan lebih dari 450.000 unit. Didirikan pada Maret 1985, SVW adalah perusahaan pertama yang membuat mobil setelah China mulai membuka diri pada dunia luar.


a) Pengelolaan Operasi
SVW membentuk tata letak produksi dari empat daerah produksi utama, yaitu Pabrik Mobil 1, Mobil Plant 2, 3 Pabrik Mobil dan Engine Plant, ditambah pusat teknis. Perusahaan ini menawarkan banyak fasilitas manufaktur kelas dunia dan teknik, yaitu jalur perakitan modular dan laser, peralatan inspeksi online yang memastikan produk berkualitas tinggi, Pada tahun 1995, SVW menjadi produsen mobil pertama di Cina yang memperoleh ISO 9001 . Pada tahun 2001, Pengendalian Mutu SVW merupakan yang terbesar dan paling maju di Cina, dimana pengukuran mutu dilakukan secara modern dengan sistem digital. SVW telah melakukan investasi sebesar 2 miliar Yuan di fasilitas perangkat keras selama beberapa tahun terakhir:
Fasilitas ini merupakan fasilitas canggih untuk pengembangan independen dari badan mobil dan mesin yang sesuai dengan sistem kelistrikan dan chassis. kontrol kualitas diinstal dengan peralatan tingkat dunia untuk pengujian logam, non-logam dan kelistrikan. Pada tahun 2003,SVW memproduksi mobil bernama Vw Polo mobil ini diekspor ke Australia, sedangkan pada tahun 2004 SVW Memproduksi Vw Santana,yang merupakan produk SVW yang paling laris sampai saat ini. Ini dikarenakan karena Santana dibuat menggunakan pola pengembangan yang luar biasa karena didasarkan pada pola konsumsi negara berkembang.
b) KemitraanSVW
KemitraanSVW merupakan kerjasama lintas budaya dan teknologi antara Jerman dengan Cina yang boleh dibilang sangat sukses. SVW adalah produsen mobil pertama yang menerima "Penghargaan Manajemen Mutu Nasional" yang dikeluarkan oleh China Quality Management Association untuk pertama kalinya. Pada tanggal 5 Juli 2005, SVW telah berhasil memproduksi 3 juta mobil sehingga membuat SVW menjadi produsen mobil pertama di Cina yang mewujudkan output total sebanyak 3 juta mobil. Pada tahun 2001 SVW meluncurkan dan melaksanakan proyek Customer Relationship Management (CRM) sehingga dalam lima tahun terakhir terpilih sebagai pemenang Best Enterprise Implementasi CRM dalam industri pembuatan mobil Cina. Pada bulan Oktober 2005, SVW memperkenalkan layanan baru berjudul "Techcare",layanan yang menggabungkan pembelian kendaraan, pemeliharaan, penggantian dan dekorasi ke dalam rantai layanan secara keseluruhan, sehingga customer dapat menikmati layanan ekstra dari produsen. Layanan penjualan profesional dan sistematis, transparan dan terpercaya merupakan program unggulan produk ini. Dalam bidang Tanggung Jawab Sosial selainmenyediakan konsumen produk kelas satu bagi konsumen SVW juga berkomitmen untuk meminimalkan dampak lingkungn yang dihasilkan dari produk mereka.dan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. SVW menjadi pembuat mobil pertama di Cina untuk yang memperoleh Manajemen Lingkungan ISO14001 Sertifikat Otentikasi pada Desember 1997. SVW mempunyai fokus untuk memproduksi mobil ramah lingkungan yang memberikan kenyamanan dengan keselamatan sehingga semua mobil buatan SVW telah memenuhi peraturan emisi gas buang euro 2. Selain itu SVW jg mempunyai andil dalam kegiatan budaya dan olahraga Dalam kegiatan ini SVW telah menyumbangkan 160 juta yuan untuk mensponsori kegiatan amal, budaya dan pendidikan, kesehatan masyarakat, olahraga, dll, sehingga SVW memperoleh penilaian yang sangat baik dari masyarakat Cina.

B. VW MEKSIKO
Volkswagen de Mexico SA de CV, merupakan anak perusahaan dari Volkswagen yang didirikan pada tahun 1964 di pinggiran Puebla yang mempekerjakan 14,900 orang. Pabrik Volkswagen ini adalah perusahaan terbesar di Meksiko. Di pabrik ini diproduksi beberapa model seperti Jetta , Bora , New Beetle dan Model Golf Variant . Pabrik ini adalah pabrik yang sangat strategis dan penting bagi Volkswagen Group dan merupakan pabrik yang terbesar kedua di luar Jerman yang memproduksi kendaraan untuk diekspor ke lebih dari 120 negara di seluruh dunia. Sejak tahun 2000 produksi VW Meksiko berkurang akibat rendahnya penjualan di AS. Akan tetapi pada tahun 2007 produksi pabrik ini kembali meningkat mencapai 411,000 kendaraan. Bahkan pada tahun 2008 VW Meksiko telah berhasil memproduksi sebanyak satu juta New Beetle. Pada tahun 2008 VW Meksiko menjadi produsen mobil nomor empat di pasar Meksiko setelah General Motors , Nissan dan Ford Motor Company. Pada tahun 2008 Volkswagen de Mexico memiliki pangsa pasar sebesar 18,2% di pasar Meksiko. Pada akhir tahun 2008 volume perakitan mencapai 450,802 unit. Total volume produksi,yang mencapai 378,288 unit ditujukan untuk pasar ekspor; sebanyak 152,562 unit dikirim ke Eropa , 156,032 unit dikirim ke AS dan Kanada , sekitar 48,726 unit ke Amerika Selatan dan 20,968 unit untuk pasar Asia. Sedangkan sisanya 72,514 unit dijual untuk pasar domestik Meksiko.


STUDI KASUS

1. Keputusan VW untuk mengkonsolidasikan produksi untuk Amerika Utara di Meksiko
Para pembuat mobil meresmikan perluasan dari pabriknya di Puebla, Meksiko, yang bertujuan untuk meningkatkan produksi tahunan untuk Amerika Utara dengan lebih dari 100.000 kendaraan menjadi sekitar 430.000 . Volkswagen akan menggunakan pabrik Puebla, untuk menghasilkan mobil “peringatan dua abad” untuk memperingati 200 tahun kemerdekaan Meksiko dari Spanyol tahun ini, bersama dengan model lainnya. Pabrik Puebla memiliki sekitar 9.500 pekerja dan memproduksi 1.600 kendaraan per hari. Volkswagen mengalihkan produksinya ke Amerika Utara dan telah membangun pabrik baru di Chattanooga, Tennessee. Perusahaan menjual 3,5 juta kendaraan pada semester pertama 2010, 15 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu. Karena letaknya sangat strategis dan penting bagi volkswagen group dan dianggap akan menjadi pabrik yang terbesar yang terbesar walupun kalah besar dengan pabrik di Jerman, kalau menurut pendapat kelompok kami bahwa adanya atau pembangunan pabrik di Pauble akan mendukung pembuatan produk dan bisa meningkatkan produk tersebut walaupun terjadi pasang surut penjualan tetapi adanya konsolidasi lebih banyak meningkatkan produksi dan penjualan yang tinggi sehingga pabrik di Pauble menjadi nomor 2 terbesar setelah di Shanghai, kami sangat setuju sekali adanya konsilidasi pabrik di Pauble disamping bisa meningkatkan produksi juga bisa membuka lapangan pekerjaan, pada kesimpulanya adanya konsilidasi tersebut produksi dan penjualanya sangat meningkat dan bisa membuka lapangan pekerjaan,.

2. Cara VW menghadapi NAFTA
NAFTA merupakan suatu area perdagangan bebas di Amerika Utara yang beranggotakan negara Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko. Kesepakatan Free trade itu merupakan area perdagangan yang menyatukan daerah kepabeanan, dimana bea dan hambatan perdagangan dihilangkan. Namun bagian terbesar pengaturan NAFTA adalah penurunan tarif, rules of origin (ketentuan asal barang) dan peraturan kepabeanan. Tujuan utama NAFTA adalah menciptakan perdagangan bebas sesama anggota NAFTA, dengan menghilangkan hambatan perdagangan. Hambatan perdagangan itu bisa berupa hambatan tarif dan hambatan non tarif.
Untuk memanfaatkan hal ini maka VW membangun pabrik baru di Meksiko dalam rangka efisiensi. Dengan memproduksi mobil di Meksiko,VW bisa memberikan harga jual yang lebih murah di Meksiko,Kanada dan Amerika Serikat sebagai target pasar utamanya jika dibandingkan dengan Impor dari Jerman atau negara lainya. Ini disebabkan adanya penurunan tarif yang diterima karena barang berasal dari Meksiko sehingga produk VW akan bisa lebih bersaing dengan Toyota dan General Motors.
NAFTA dapat mengubah dinamika kompetitif Industri karena perusahaan yang membangun pabrik dan memproduksi barang di negara anggota NAFTA akan menikmati efisiensi jika menjual produknya di negara anggota NAFTA. Dengan adanya efisiensi ini maka akan menciptakan iklim persaingan baru diantara para produsen.
3. Masa depan VW
Kami sangat optimis dengan masa depan VW Meksiko karena selama beberapa tahun belakangan VW terus mengalami pertumbuhan penjualan yang sangat stabil di pasar Amerika Utara. Pada tahun 2007 produksi pabrik ini mencapai 411.000 unit kendaraan.Bahkan pada tahun 2008 VW Meksiko telah berhasil memproduksi 450.082 unit kendaraan. Sehingga pada tahun 2008 VW Meksiko menjadi produsen mobil nomor empat di pasar Meksiko setelah General Motors , Nissan dan Ford Motor Company dengan menguasai 18,2% pangsa pasar Meksiko. Bahkan pada tahun 2010 VW telah menjadi produsen mobil nomor tiga di Amerika Utara setelah Toyota dan General Motors.
4. Usaha yang dilakukan VW dalam menghadapi tantangan NAFTA
• VW menambah investasi hingga US$ 1 milyar atau sekitar Rp 10 trilyun untuk meningkatkan kapasitas produksi dan penelitian hingga pengembangan produk-produk Volkwagen di daerah Amerika Utara.
• Volkswagen melakukan investasi sebesar 550 juta dolar di sebuah pabrik baru di Meksiko guna membantu raksasa mobil Jerman tersebut memperkuat posisinya di pasar Amerika Utara.

5. Usaha VW mengatasi masalah perburuhan
Dilakukan dengan cara melakukan beberapa pelatihan kepada para karyawan seperti pelatihan mengoperasikan robot,pelatihan bahasa Jerman untuk karyawan yang berasal dari Meksiko,pelatihan bahasa Spanyol untuk karyawan yang berasal dari Jerman dan palatihan bahasa Inggris untuk semua karyawan. Ini bertujuan untuk meminimalisir konflik yang terjadi akibat dari kesulitan berkomunikasi. Secara lebih lanjut ini bertujuan untuk menjaga kualitas produksi agar setara dengan VW Jerman.
6. Pengembangan usaha patungan antara VW dengan Sanghai
Dalam 20 tahun terakhir, SVW terus mengumpulkan modal sendiri dan mengembangkan usaha. Keberhasilan SVW telah sangat membantu pertumbuhan industri mobil Cina. dengan memperluas skala produksinya, SVW memulai melokalisasi dan merevitalisasi industri komponen pasokan dari Cina. Proyek sistematis ini telah membantu sejumlah besar pemasok lokal Cina mencapai banyak kemajuan, sehingga bisa meletakkan dasar yang kuat untuk bagian manufaktur dan komponen dengan standar internasional. Sekarang lebih dari 400 pemasok dalam negeri mampu menyediakan kebutuhan bagi SVW dengan komponen buatan lokal. beberapa dari merekapun bersama SVW telah menjadi pemasok untuk produsen sourcing global. Melalui Program kerjasama proyek, SVW telah membangun sebuah tim pengembangan produk yang efisien yang terdiri dari karyawan denagn kualifikasi tinggi. Tim ini mempunyai tugas untuk mengimplementasi prose pengenalan, asimilasi dan penyerapan teknologi luar negeri untuk pengembangan produk bersama, SVW kini telah memasuki masa konstruktif pembangunan kendaraan independen. Sebagai produsen mobil, SVW memiliki populasi mobil terbesar di Cina dan mempunyai jaringan layanan yang telah berkembang di seluruh negeri. Sebagai hasil dari pengembangan 20 tahun, SVW sekarang memiliki lebih dari 1.000 dealer resmi yang mencakup lebih dari 70% dari kota-kota prefektur di seluruh Cina. SVW sekarang mempunyai jaringan yang paling luas di Cina, yang membentang dari selatan ke Sanya Mohe utara, dan dari Jiamusi di timur ke barat Kashgar.

1 komentar: